10 Penyebab Tenggorokan Gatal yang Perlu Diketahui

Hampir semua orang sudah pernah mengalami tenggorokan gatal. Namun penderitanya akan merasa sangat tidak nyaman dan mengganggu karena tak jarang diiringi dengan gejala lainnya.

Gejala mengganggu yang sering menyertai tenggorokan gatal berupa demam, batuk kering, hingga rasa sakit ketika menelan.

Ada berbagai penyebab tenggorokan terasa gatal, obat tenggorokan gatal juga akan menyesuaikan dengan penyebabnya.

Penyebab Tenggorokan Gatal

Berikut beberapa penyebab tenggorokan gatal yang mungkin Anda alami.

  1. Mengalami Dehidrasi

Tubuh yang banyak kehilangan cairan namun sedikit minum akan mengalami dehidrasi. Biasanya terjadi saat seseorang berolahraga, ketika cuaca sedang panas, atau saat tubuh sakit.

Saat tubuh mengalami dehidrasi, tenggorokan juga akan menjadi kering sehingga menyebabkan rasa gatal.

  • Penyakit Asam Lambung

Naiknya asam lambung ke kerongkongan memberikan sensasi panas atau terbakar di tenggorokan sehingga menyebabkan tenggorokan gatal serta perih. Tak jarang penderita GERD kronis mengalami masalah tenggorokan ini.

  • Mengalami Alergi Obat

Obat-obatan tertentu bisa menyebabkan alergi pada sebagian orang, seperti misalnya antibiotik penisilan. Alergi obat dapat menyebabkan alergi dengan tingkat keparahan ringan hingga dapat mengancam jiwa. Biasanya saat mengonsumsi obat baru akan terasa gatal pada tenggorokan. Jika mengalami hal ini, bisa jadi Anda mengalami alergi obat.

  • Mengalami Infeksi Virus dan Bakteri

Tenggorokan gatal bisa menjadi gejala awal dari tonsilitis bakteri atau radang tenggorokan. Dari rasa gatal, lalu akan berlanjut ke sakit tenggorokan yang parah.

Virus flu juga bisa menyebabkan rasa gatal di tenggorokan. Saat flu, tenggorokan juga akan terasa sakit, disertai pula dengan demam, rasa nyeri tubuh, serta dada terasa tidak nyaman.

  • Rhinitis Alergi

Rhinitis alergi merupakan peradangan yang. terjadi di rongga hidung karena reaksi alergi sehingga dapat menyebabkan tenggorokan gatal. Kondisi ini terjadi saat tubuh bereaksi terhadap alergen seperti debu, asap rokok, asap kenalpot, hingga bulu hewan peliharaan.

Ketika kondisi tersebut terjadi, tubuh akan melepaskan histamin sehingga muncul gejala seperti tenggorokan terasa gatal, bersin, hidung tersumbat, mata berair dan sebagainya.

  • Alergi terhadap Makanan

Saat tubuh mengalami alergi terhadap makanan, maka akan muncul reaksi berlebihan yang terjadi beberapa saat setelah konsumsi makanan pemicu. Alergi dengan tingkat yang ringan biasanya menunjukkan gejala seperti tenggorokan atau mulut gatal. Namun, ada juga reaksi yang berlebihan dan tergolong parah yang dapat mengancam jiwa.

  • Post Nasal Drip

Ketika di saluran napas atas terlalu banyak memproduksi lendir, maka akan memunculkan rasa gatal di tenggorokan karena dahak menumpuk di tenggorokan. Post nasal drip ini dikarenakan oleh alergi rhinitis, flu atau pilek yang sudah berlangsung lama.

  • Tenggorokan Luka

Luka atau cedera pada tenggorokan juga menimbulkan rasa gatal. Penyebab tenggorokan luka bisa disebabkan oleh makanan dan minuman terlalu panas, makanan dengan tekstur keras, ataupun tajam seperti duri yang tersangkut di kerongkongan.

  • Asma

Penyakit asma juga bisa menjadi penyebab tenggorokan gatal. Asma membuat saluran udara menjadi menyempit dan meradang sehingga penderitanya akan sulit bernapas. Peradangan ini akan membuat produksi lendir berlebihan di saluran pernapasan sehingga menimbulkan rasa gatal.

  1. Sinusitis

Sinusitis atau infeksi sinus juga bisa menyebabkan tenggorokan gatal. Gejala sinus ini berupa hidung tersumbat, bersin-bersin, hidung berair, dan sejenisnya yang berlangsung selama lebih dari 10 hari. Gejala-gejala yang muncul akibat sinus ini bisa sewaktu-waktu membaik, namun bisa memburuk lagi dan terjadi berulang dalam waktu lama.

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*