Asupan Makanan Terbaik untuk Nutrisi Otak Janin

Selama kehamilan asupan makanan ataupun minuman pasti sangat dijaga. Mana yang banyak mengandung nutrisi dan gizi yang baik bagi ibu dan janin, mana yang tidak. Oleh karena itu, penting untuk menjaga dan memilah milih asupan makanan untuk perkembangan janin. 

nutrisi otak

Makanan tertentu telah terbukti secara positif dapat mempengaruhi memori dan kapasitas bayi untuk belajar, berkembang dengan baik di dalam perut serta tumbuh dengan sempurna. Begitu juga makanan untuk nutrisi otak bayi di dalam kandungan. Nah, berikut beberapa asupan manakan yang baik untuk nutrisi otak bayi. 

Makanan terbaik yang dikonsumsi selama kehamilan

Tidak heran jika dokter menyarankan untuk wanita hamil untuk mengonsumsi suplemen vitamin D, asam folat, dan zat besi selama kehamilan. Pasalnya, makanan yang Anda konsumsi akan berpengaruh besar terhadap perkembangan kognitif bayi Anda. Dan berikut beberapa makanan terbaik yang sangat direkomendasikan untuk ibu hamil.

  1. Ikan berlemak

Asam lemak omega-3 merupakan salah satu asupan makanan yang sangat baik bagi perkembangan otak bayi. Ibu hamil wajib mengonsumsi ikan salmon untuk melahirkan anak yang cerdas. Usahakan untuk mengonsumsinya dua atau lebih porsi ikan salmon dalam seminggu. Pilihan lain adalah tiram yang kaya yodium. Wanita hamil dengan kadar yodium yang rendah harus memperhatikan bahwa kecerdasan bayi mereka dapat terpengaruh secara negatif, jika tingkat kesehatan yang sama tidak dipertahankan. 

  1. Sayuran berdaun hijau

Bayam menjadi sayuran hijau yang kaya akan asam folat, pun dengan kacang-kacangan tertentu karena dapat membantu menjaga otak bayi terlindungi dari kerusakan jaringan. Asam folat pada sayuran juga dikenal dapat mengurangi risiko cacat tabung saraf, menghilangkan bibir sumbing, dan berbagai kelainan jantung lainnya. Selain itu, Anda pun mengurangi risiko preeklampsia selama kehamilan. 

  1. Telur

Telur mengandung protein dan rendah kalori, terutama telur rebus. Mereka mengandung asam amino yang disebut kolin yang telah terbukti membantu perkembangan dan memberikan nutrisi otak bayi, serta meningkatkan daya ingat. Selain itu, pastikan Anda menghindari telur yang tidak dipasteurisasi karena mengandung bakteri yang dapat menyebabkan komplikasi selama kehamilan. 

  1. Almond

Almond merupakan salah satu jenis kacang dengan lemak sehat, magnesium, vitamin E, dan protein. Asam lemak omega-3 yang dapat meningkatkan otak banyak ditemukan pada almond. Makan segenggam almond setiap hari sangat dianjurkan untuk dapat melahirkan anak-anak yang cerdas sejak lahir. Tidak hanya itu, mengonsumsi kacang selama kehamilan dapat membantu bayi mengembangkan kecerdasan.

  1. Yogurt

Makanan kaya protein diperlukan untuk membentuk sel saraf yang sehat di dalam rahim ibu untuk perkembangan kognitif bayi. Makanan probiotik seperti yogurt adalah cara luar biasa untuk menambahkan sedikit kalsium untuk perkembangan tulang bayi. Yogurt Yunani juga kaya akan yodium yang dapat mengurangi atau mencegah kemungkinan bayi lahir dengan berat badan lahir rendah.

  1. Keju

Vitamin D sangat penting untuk perkembangan kognitif bayi. Ibu hamil dengan kadar vitamin D rendah dalam tubuhnya bisa melahirkan bayi dengan tingkat IQ yang rendah. Jadi, jika Anda menginginkan bayi yang cerdas dengan IQ sehat pastikan untuk menambahkan keju pada asupan makanan Anda. 

  1. Kacang

Zat besi dibutuhkan tubuh untuk mengangkut oksigen ke sel saraf di otak bayi. Kacang mengandung banyak sekali zat besi, oleh sebab itulah ibu hamil dianjurkan untuk menambah asupan makanan ini ke dalam makanannya. Zat besi lainnya terkandung pada bayam, ayam, dan kismis. Namun, konsumsi kismis dalam porsi sedang untuk tetap menjaga kadar gula Anda tetap terkendali. 

  1. Susu

Kurangnya kandungan zat besi dalam tubuh ibu hamil dapat menyebabkan retardasi pertumbuhan mental dan sangat mempengaruhi perkembangan kognitif bayi secara keseluruhan. Susu dapat membantu mengembangkan fungsi kognitif yang sehat serta mendukung perkembangan otak bayi sebelum lahir. 

Selain beberapa asupan di atas, Anda pun dapat mengonsumsi suplemen vitamin yang diresepkan oleh dokter untuk nutrisi otak bayi. Tapi tetap pastikan, untuk mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi untuk perkebangan maksimal otak bayi. 

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*