Timbangan Badan Digital Pengukur Lemak Apakah Akurat?

Apabila Anda rajin berolahraga, makan makanan yang sehat, namun tetap menunjukkan adanya tanda-tanda berkurangnya berat badan di timbangan badan digital Anda, mungkin yang menjadi masalah sebenarnya adalah persentase lemak tubuh Anda. Saat Anda mencoba menurunkan berat badan, mengukur lemak tubuh sama pentingnya dengan mengukur berat badan secara keseluruhan. Hal ini karena kebiasaan yang sehat, seperti olahraga, dapat membentuk otot. Meningkatnya masa otot di tubuh dapat membuat angka di timbangan badan digital tetap di posisi yang sama, atau bahkan di dalam beberapa kasus tertentu, bertambah, meskipun setelah Anda mulai kehilangan lemak dan tubuh mulai berotot.

Salah satu cara yang terbaik untuk memantau kemajuan Anda dalam menurunkan berat badan adalah dengan menggunakan timbangan badan digital yang mampu mengukur masa lemak di tubuh. Meskipun hal ini bukan satu-satunya cara dalam menentukan berat badan yang sehat, mengukur lemak tubuh dapat menentukan apakah upaya Anda dalam menurunkan berat badan benar-benar berhasil. Apabila Anda tidak mencoba menurunkan berat badan, timbangan badan digital dengan pengukur lemak juga akan menunjukkan informasi apakah Anda memiliki rasio lemak dan otot yang sehat. Namun tentunya, timbangan badan digital yang dapat mengukur lemak tidak selamanya tanpa cela. Namun, alat ini merupakan salah satu dari pilihan lain selain mengunjungi dokter atau PT (personal trainer) Anda untuk mengukur lemak tubuh.

Bagaimana timbangan tersebut bekerja?

Timbangan badan digital untuk mengukur lemak biasanya mudah digunakan.  Anda hanya perlu naik ke atas timbangan dan alat akan otomatis mengukur berat badan dan perkiraan persentase lemak Anda. Timbangan badan digital jenis ini bekerja dengan bantuan sensor di bawah kaki yang menggunakan impedansi bioelektrik. Saat Anda menginjak timbangan, arus listrik akan mengalir melalui kaki dan melintasi panggul dan mengukur jumlah resistensi lemak tubuh. Kemudian, sensor yang ada di timbangan akan mengukur kadar resistensi tersebut saat arus listrik kembali melalui kaki. Resistensi tubuh yang diterima berarti semakin tinggi persentase lemak yang Anda miliki. Hal ini disebabkan karena lemak mengandung air yang lebih sedikit dibandingkan dengan otot. Sehingga karena lemak lebih padat dibandingkan otot, arus listrik kesulitan dalam menembus lapisan lemak. Tergantung tipe timbangan badan digital yang Anda punya, informasi yang didapatkan dapat dihubungkan dengan smartphone, smartwatch, ataupun aplikasi kebugaran tubuh yang Anda miliki.

Seberapa akurat timbangan jenis ini?

Pada umumnya, timbangan lemak badan hanya dapat menyediakan perkiraan kasar. Meskipun aman digunakan, ada banyak variable yang dapat mempengaruhi hasil pemeriksaan. Beberapa faktor tersebut adalah jenis kelamin (wanita secara alami memiliki lemak tubuh yang lebih banyak dibandingkan dengan pria), letak lemak tersimpan di tubuh Anda, kehamilan (timbangan jenis ini tidak direkomendasikan digunakan oleh ibu hamil), umur (timbangan ini tidak cocok untuk anak), serta tinggi dan postur tubuh Anda.

Manfaat terbaik menggunakan timbangan badan digital pengukur lemak adalah Anda dapat mengukur lemak tubuh di rumah, tanpa harus mengunjungi gym ataupun klinik. Namun, timbangan jenis ini tidak benar-benar akurat. Jangan menggunakan timbangan tersebut sebagai satu-satunya alat ukur kesehatan keseluruhan Anda. Kekurangannya adalah timbangan badan digital pengukur lemak tidak dapat menunjukkan lokasi lemak tersebut berada. Dokter biasanya akan tahu dan khawatir terhadap lemak yang menumpuk di bagian tengah tubuh karena dapat meningkatkan risiko penyakit seperti penyakit jantung. Dan timbangan badan digital pengukur lemak hanya menunjukkan persentase lemak, bukan lokasi lemak berpotensi berbahaya tersebut berada.

Ini Dia Ragam Makanan Yang Ampuh Redakan Flu

Flu merupakan penyakit yang tidak ada memiliki obat untuk menyembuhkannya. Obat flu yang Anda temukan hanyalah mampu meredakan gejala-gejala flu yang muncul tanpa benar-benar mematikan virus penyebab flu. Pasalnya, virus flu akan dengan sendirinya dihadapi oleh sistem imun tubuh. Untuk memaksimalkan hal itu, penderita flu harus banyak istirahat dan mendapatkan banyak asupan makanan sehingga tubuh memiliki cukup energi untuk melawan virus.

Untuk Anda yang saat ini sedang terserang flu, berikut ini adalah beberapa rekomendasi makanan untuk meredakan flu dengan baik.

1. Ice Pops

Siapa bilang minuman dingin dapat memperparah flu? Buktinya, ice pops dapat bermanfaat untuk menenangkan tenggorokan Anda saat sakit, bengkak, atau kering. Mengonsumsi ice pops juga dapat membuat tubuh lebih terhidrasi, di mana tubuh yang terhidrasi merupakan kunci utama untuk dapat melawan flu.

Untuk itu, carilah ice pops yang terbuat dari 100% jus buah untuk memastikan Anda mendapatkan nutrisi dari vitamin dan mineral, bukan hanya air gula. Untuk lebih aman dan terjamin, Anda juga dapat membuat ice pops dengan membekukan jus sendiri.

2. Roti Lapis Kalkun dengan Cranberry

Roti lapis kalkun memiliki kandungan protein tanpa lemak, yang merupakan bagian penting dari diet yang sehat. Meskipun Anda mungkin tidak menyukainya, makanan ini dapat membantu memberikan energi pada tubuh Anda untuk melawan penyakit. Tambahkan pula saus cranberry untuk menambah cita rasa dan selera makan Anda.

3. Jus Sayuran (Seledri, Wortel, dan Tomat)

Bagi Anda yang sulit untuk membuat dan makan salad, cobalah untuk membuat segelas jus sayuran rendah sodium. Minuman ini akan sangat bermanfaat untuk memulihkan kondisi Anda dengan kandungan antioksidan yang meningkatkan sistem kekebalan dan pertahanan tubuh Anda dalam melawan virus. Namun, jika Anda menyukai rasa manis, Anda juga dapat memilih jus buah-buahan.

4. Semangkuk Sup Ayam

Sup ayam dapat membantu Anda memperoleh cairan yang dibutuhkan tubuh. Selain itu, kandungan gizi dari sup ayam juga sudah tidak perlu dipertanyakan lagi. Asupan air hangat seperti kaldu ayam, dapat berguna untuk meningkatkan hidrasi tubuh dan melegakan hidung tersumbat. Bahkan, beberapa penelitian ilmiah juga menunjukkan bahwa sup ayam dapat membantu penyembuhan flu.

5. Bawang Putih

Jika Anda menyukainya, bawang putih bisa menjadi pilihan yang baik untuk menjadi bumbu pelengkap makanan seperti pada sup ayam. Bawang putih memiliki kemampuan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan dapat membantu Anda mengatasi pilek.

6. Jahe

Jahe dapat membantu meringankan sakit perut dan mual yang muncul. Selain itu, beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa jahe mampu membantu tubuh mengatasi peradangan. Anda dapat menambahkannya sebagai bumbu pada makanan, baik itu dengan cara diparut atau dalam bentuk bubuk. Cara lain yang banyak disukai orang adalah dengan membuat minuman jahe hangatdengan campuran teh dan lemon.

7. Teh Panas

Minuman teh hijau, the oolong, dan teh hitam dapat diandalkan untuk memberikan asupan antioksidan yang cukup bagi tubuh. Selain itu, menghirup uap dari teh panas ini juga dapat membantu membersihkan hidung Anda yang tersumbat. Tambahkan juga sesendok madu dan perasan lemon untuk meredakan sakit tenggorokan. Jika kafein menimbulkan efek samping yang kurang baik, cobalah untuk memilih teh tanpa kafein atau teh herbal.

8. Pisang

Pisang juga sangat bisa diandalkan untuk meredakan flu. Hal ini disebabkan oleh kandungan pottasium yang mampu menenangkan pikiran, serta membantu gejala sulit tidur. Dengan begitu, istirahat Anda akan menjadi lebih tenang dan tubuh Anda dapat memperoleh energi yang cukup untuk melawan virus.

9. Roti Panggang

Roti panggang atau biskuit adalah makanan ringan yang sederhana untuk dimakan saat sakit. Kandungan kalori yang tinggi dalam makanan ini penting untuk memberikan energi yang cukup bagi tubuh agar mampu melawan virus. Anda dapat memakannya bersama dengan sup ayam untuk melunakkan tekstur sehingga dapat lebih mudah untuk ditelan.