Mengenal Minyak VCO, Minyak Kelapa yang Tidak Biasa

Penggunaan minyak kelapa sudah umum digunakan untuk berbagai tujuan kesehatan. Namun, selain minyak kelapa biasa, ada juga virgin coconut oil atau minyak VCO yang memiliki manfaat alami.

minyak vco

Nama minyak VCO melambangkan proses minyak kelapa yang tidak memiliki standar baku. Kata virgin mengacu pada proses pembuatan minyak kelapa murni yang tetap mempertahankan elemen-elemen alami di dalamnya, dengan tidak mengubah aroma dan warnanya.

Apa yang membedakan minyak VCO dengan minyak kelapa biasa?

Secara garis besar, minyak kelapa biasanya didapatkan dari daging kelapa segar dan daging kelapa kering. Minyak VCO menggunakan daging kelapa yang segar, sementara minyak kelapa biasa menggunakan daging kelapa yang kering.

Setelah minyak diambil dari daging kelapa segar, minyak tidak diproses lebih lanjut menggunakan suhu tinggi ataupun campuran zat-zat kimia tertent. Proses pembuatan sepenuhnya dilakukan secara alami.

Pada metode kering, minyak dibuat dari daging kelapa segar yang dikeringkan terlebih dahulu. Setelah itu, daging kelapa yang kering akan dipanasi dengan sedikit suhu panas lalu ditekan dengan mesin untuk mengeluarkan minyak dari daging.

Selain metode kering, minyak juga bisa dihasilkan dari metode basah, yaitu metode yang lebih tradisional. Pada metode ini, daging kelapa akan diremas dan dikeluarkan santannya. Santan itu kemudian akan difermentasi, dicampur dengan enzim tertentu, lalu dipisahkan ampasnya menggunakan mesin. Dari pemisahan ini, akan keluar minyak bening yang kemudian menjadi minyak VCO.

Apabila dibandingkan dengan minyak kelapa biasa, proses ini cenderung lebih singkat karena tidak adanya pengubahan warna dan aroma. Hal inilah yang menjadikan VCO sebagai minyak alami dibandingkan dengan minyak kelapa biasa.

Kelebihan menggunakan minyak VCO

Setiap minyak kelapa memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan. Akan tetapi, secara khusus, minyak VCO memiliki beberapa kelebihan lain yang tidak ditemukan pada minyak kelapa biasa.

Salah satu manfaat dari minyak ini adalah kemampuannya untuk mengurangi stres. Di dalam kandungan minyak ini, terdapat antioksidan yang berfungsi sebagai penangkal radikal bebas sekaligus mengurangi stres akibat olahraga atau penyakit flu.

Menurut penelitian, minyak ini juga bisa digunakan sebagai bahan pengobatan depresi. Hasil yang lebih maksimal akan didapatkan apabila mengombinasikan minyak VCO dengan tumbuhan yang mengandung antioksidan lainnya.

Pada penyakit, VCO dipercaya ampuh untuk mengatasi eksim atau dermatitis atopik, yaitu gangguan kesehatan pada kulit. Untuk mengobatinya, Anda bisa mengoleskan VCO ke kulit untuk mengurangi peradangan akibat eksim. Secara khusus, miyak ini cocok untuk digunakan pada anak-anak dan memiliki tingkat keampuhan 30% lebih tinggi dibandingkan mineral lainnya.

Efek samping menggunakan minyak VCO

Selayaknya bahan pengobatan pada umumnya, minyak VCO pun tidak terlepas dari kemungkinan adanya efek samping yang dihasilkan. Efek samping ini umumnya terjadi saat minyak dioleskan pada kulit sebagai pengobatan kondisi kulit.

Pada wanita hamil dan menyusui, pemakaian minyak ini sebaiknya hanya dilakukan berdasarkan anjuran dari dokter. Belum ada penelitian yang bisa membuktikan bahwa VCO aman untuk digunakan di tengah masa kehamilan dan menyusui.

Secara khusus, pemakaian VCO sangat tidak dianjurkan bagi penderita kolesterol. Di dalam minyak, terdapat kandungan lemak yang berpotensi untuk meningkatkan kadar kolesterol. Apabila minyak ini dicampurkan ke dalam makanan, Anda berpotensi untk mengalami peningkatan pada kadar kolesterol. Selain efek samping di atas, tidak ada efek samping lain yang mungkin akan ditimbulkan oleh minyak VCO. Untuk mendapatkan informasi pemakaian yang lebih aman, cobalah untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum penggunaannya.

Tags: 

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*