Puting Sakit? Mungkin Ini Penyebabnya!

Puting merupakan salah satu area yang tergolong sensitif. Jika puting terasa sakit, ada beberapa alasan yang mungkin menyebabkannya. Beberapa penyebab yang menyebabkan puting sakit adalah karena pakaian yang ketat, adanya ruam, serta infeksi yang dapat membuat kulit menjadi iritasi. Bagi wanita khususnya, puting yang terasa sakit biasa terjadi saat menstruasi, hamil, serta saat menyusui.

Rasa sakit pada puting mungkin membuat Anda bertanya-tanya apakah Anda menderita kanker payudara. Sebenarnya hal ini jarang menjadi gejala utama penyakit tersebut, tetapi Anda tetap harus memeriksakan diri ke dokter jika rasa nyeri pada puting tidak kunjung hilang.

Berikut adalah beberapa penyebab paling umum dari puting yang terasa sakit dan cara mengobatinya.

Ukuran Pakaian yang Tidak Pas


Kemeja atau bra yang longgar dapat menggesek puting Anda dan mengiritasi kulit Anda, terutama dengan gerakan berulang seperti lari jarak jauh. Terlalu banyak gesekan bisa membuat puting susu Anda berdarah.

Hindari masalah ini dengan mengenakan atasan dan bra yang cocok untuk Anda. Sebelum Anda berlari, tutupi puting Anda dengan perban tahan air atau pelindung puting untuk melindunginya.

Saat radang menyebabkan rasa sakit, oleskan salep antibiotik. Kemudian tutupi puting dengan kain kasa steril.

Kondisi Kulit

Nyeri ditambah ruam gatal dan bengkak di sekitar puting bisa menjadi tanda-tanda iritasi kulit yang disebut dermatitis. Alergi dan iritasi dari lingkungan Anda bisa menyebabkan kondisi umum ini. Eksim, juga disebut dermatitis atopik, terjadi karena kulit kering, genetika, dan masalah dengan sistem kekebalan tubuh.

Mengobati eksim akan mengurangi rasa sakit yang ditimbulkannya. Dokter mungkin memberi Anda:

  • Krim steroid
  • Krim atau lotion yang menenangkan sistem kekebalan tubuh Anda
  • Terapi cahaya (fototerapi)

Jika dermatitis Anda disebabkan oleh alergi atau iritasi, dokter mungkin menyarankan pil antihistamin, pelembab, dan krim kortikosteroid untuk kulit Anda. Mandi oatmeal juga bisa meredakan rasa sakit.

Hubungi dokter Anda jika gejalanya tidak membaik dalam beberapa minggu atau jika memburuk.

Menstruasi

Puting dan payudara yang sakit bisa menjadi tanda bahwa menstruasi Anda akan datang. Meningkatnya kadar estrogen menyebabkan jaringan payudara membengkak. Rasa sakit biasanya akan berhenti setelah periode menstruasi selesai atau tidak lama setelah itu.

Kehamilan

Perubahan hormon juga menyebabkan puting terasa sakit selama kehamilan. Pilihlah bra yang pas untuk meredakannya. Jika payudara Anda benar-benar sakit, tanyakan kepada dokter Anda mana penghilang rasa sakit yang aman untuk Anda ambil selama kehamilan.

Menyusui

Saat bayi menempel di payudara Anda, Anda mungkin merasakan sedikit rasa sakit di puting. Rasa sakit akan berhenti setelah beberapa detik. Jika bayi Anda tidak menyusu dengan benar, rasa sakit itu bisa bertahan selama menyusu secara keseluruhan. Mungkin terasa seperti cubitan yang tajam. Puting Anda juga bisa berdarah jika terjadi terus-menerus. Pastikan bayi menyusu dengan benar agar gejala tersebut bisa hilang.

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*