Ramuan Minyak Rosemary untuk Atasi Kulit Kepala Kering

Kulit kepala kering biasanya menyebabkan rasa gatal dan terdapat ruam kemerahan di kulit kepala. Umumnya jika kulit kepala Anda kering, maka kulit di area tubuh Anda yang lain mengalami hal yang sama. Hal ini dikarenakan produksi minyak di kulit terlalu sedikit.

Terlepas dari hal tersebut, ada beberapa kondisi yang dapat memicu kulit kepala kering. Diantaranya adalah mencuci rambut terlalu sering, reaksi alergi, dan perubahan cuaca. 

Penyebab kulit kepala kering

Sampo bermanfaat untuk menghilangkan debu dan kotoran di kepala. Jika terlalu sering, sampo justru akan merusak rambut. Bahan kimia yang terkandung dalam sampo dapat menghilangkan minyak alami rambut dan menyebabkan rambut patah.

Reaksi alergi pada kulit kepala dapat berupa gatal, kemerahan, dan kulit mengelupas. Kondisi ini disebut juga dengan dermatitis kontak. Alergi bisa dipicu dari penggunaan produk sampo atau pewarna rambut yang Anda gunakan.

Perubahan cuaca juga dapat berdampak pada kesehatan kulit kepala Anda. Untuk mengatasinya, gunakanlah air hangat kuku saat mandi untuk menjaga kelembaban kulit tubuh dan kepala.

Kulit kepala kering juga dikaitkan dengan ketombe (dermatitis seboroik). Banyak orang yang salah mengira mereka memiliki ketombe, padahal rasa gatal yang timbul disebabkan oleh kulit kepala yang kering.

Hal ini menyebabkan mereka bergonta-ganti produk sampo, mencari sampo yang cocok mengatasi ketombe. Perilaku tersebut justru akan memperparah kondisi kulit kepala dan memicu ketombe yang sebenarnya.

Padahal, ada cara aman mengatasi kulit kepala kering, yakni menggunakan bahan alami. 

Membuat DIY ramuan kulit kepala kering

Minyak rosemary, minyak cedarwood, dan minyak pohon teh adalah beberapa bahan alami yang dapat mengembalikan kelembaban kulit kepala. Campuran ketiga bahan tersebut juga sekaligus mampu mengatasi ketombe. 

Minyak cedarwood berfungsi menstimulasi dan melancarkan sirkulasi darah di kepala. Minyak rosemary berguna mempercepat proses penyembuhan dan pertumbuhan rambut melalui peningkatan mikrosirkulasi kulit kepala.

Sedangkan banyak penelitian membuktikan manfaat antimikroba pada minyak pohon teh, yang mampu menenangkan kulit mengelupas serta menghilangkan ketombe.

Berikut ini bahan dan cara membuat ramuan minyak rosemary untuk mengatasi kulit kepala kering.

Bahan yang diperlukan:

  • 8 tetes minyak rosemary
  • 8 tetes minyak cedarwood
  • 6 tetes minyak pohon teh
  • 1 sendok teh madu mentah lokal
  • 114 gram minyak zaitun atau minyak kelapa

Cara penggunaan:

  1. Campur semua bahan dalam satu wadah kaca, aduk hingga merata.
  2. Aplikasikan ke seluruh kulit kepala dan pijat dengan lembut.
  3. Diamkan selama 20 menit atau semalaman untuk kondisi yang parah.
  4. Bilas dengan sampo dan air hangat kuku.

Jika ada ramuan yang tersisa, simpanlah di tempat kedap udara. Ramuan ini bisa bertahan hingga 10 hari dan bisa digunakan 2 hingga 3 kali pemakaian lagi.

Ketika memilih minyak esensial, pastikan untuk memilih yang organik dan 100% murni. Begitu pula dengan halnya madu, pilihlah madu dari petani lokal karena madu bermerk yang dijual bebas kemungkinan sudah melewati proses dan tambahan bahan lain.

Catatan

Minyak esensial dapat menyebabkan alergi pada beberapa orang. Sebelum memulai penggunaan, cobalah untuk melakukan tes alergi. Teteskan minyak esensial rosemary, cedarwood, dan pohon teh ke kulit secara bergantian dan periksa apakah ada reaksi alergi yang ditimbulkan.

Jika muncul ruam kemerahan, maka Anda alergi terhadap bahan tersebut. Maka dari itu, jangan pernah meninggalkan minyak pembawa seperti minyak zaitun atau kelapa. Minyak pembawa berfungsi menghalau efek samping alergi yang muncul.

Jika setelah penggunaan bahan alami kulit kepala kering Anda tidak juga membaik, ada baiknya mendatangi dokter. Kulit kepala kering Anda mungkin disebabkan oleh kondisi medis seperti eksim atau psoriasis. 

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*